Pelajari e-Surat, Dirjen Kementerian Keuangan Kunjungi Surabaya

By Admin

nusakini.com--Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya selalu berhasil menarik perhatian banyak instansi lain untuk belajar tentang hal tersebut. Kali ini, Selasa (29/8), rombongan dari Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengunjungi Kota Surabaya untuk belajar mengenai salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu e-Surat.  

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, rombongan diterima oleh Kepala Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Kepala rombongan dari Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Yulianto mengatakan tujuannya mengunjungi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya adalah untuk mempelajari tentang E-Government.  

"Kami sengaja datang kemari sebenarnya, ingin mempelajari tentang E-Government dan juga ingin memperdalami tentang E-Surat agar dapat kami terapkan ke tempat kita" ungkap Yulianto.  

Kepala Bidang Kepala Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov) Dinas Komunikasi dan Informatika, Yudho Febriadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya sudah mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengiriman surat secara langsung dan online untuk antar instansi di lingkup Pemerintah Kota Surabaya.

Ia juga menjelaskan bahwa aplikasi e-Surat ini pada dasarnya sama dengan mekanisme penerimaan surat secara manual, namun bukan surat bentuk fisik yang berjalan dari meja ke meja, melainkan surat dalam bentuk elektronik yang berjalan lewat sistem.  

Yudho menambahkan bahwa aplikasi E-Surat ini dibuat dengan maksud untuk mempermudah proses surat menyurat antar OPD Pemerintah Kota Surabaya, sehingga pelaksanaannya lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini juga dibuat untuk mempermudah proses pengarsipan secara digital. Ia juga mengatakan bahwa E-Surat ini pertama kali dirintis pada tahun 2008-2009 dan hanya digunakan secara internal oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, namun kemudian dikembangkan untuk dapat digunakan oleh semua instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. (p/ab)